Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 6 February 2012

HappyMum: Sebenarnya Mau Apa Sih?

Kontribusi post dari "HappyMum:


Duduk termenung sambil memperhatikan anakku yg lagi main. Tiba tiba keingetan jaman-jaman lagi single dan masih kerja...(bisa dibilang merasa bangga dengan pekerjaan yg saya punya dulu).

Kayaknya pas usia 26 gitu deh punya cita cita kalo masih kerja pengen punya rumah diusia 32 tahun (walau harus nyicil KPR) dengan kondisi nikah /tidak nikah asalkan masih kerja. Tapi sudah hampir 5 tahun ini tidak bekerja dan tidak berpenghasilan. Tapi alhamdulillah suami masih berbaik hati memberi  uang jajan tiap bulan  walau tidak banyak (mungkin sekedar menghibur).


Nah terus uang hasil kerja dulu kemana aja ??  Jujur aja ludess dess dess....dulu uangnya di pake bayar kost-an,bayar mba nyuci/setrika baju, transport, makan, bayar pulsa, bantu orang tua dan tiap weekend jalan/belanja....tapi gak ada yg ngewujud jelas dan awet sampe sekarang....alias ga ada hasilnya. Eh begitu tidak kerja semuanya baru deh kepikiran....dan menyesal juga kenapa tidak menabung/ketemu Captain Kickass dari dulu...(kalo kenal si Captain dari dulu pas jamannya kerja..kayaknya sekarang dah mulai jadi orang lumaya kaya deh hihihi).

Sekarang gak kerja, bokek pula..memandangi anakku ada rasa gelisah...gimana caranya agar dia bisa punya hidup yg baik, cukup dan pendidikan yang bagus. Saat ini belum bisa balik lagi kerja karena tidak ada yg ngurus anak semata wayangku, bayar baby sitter disini (luar negeri -- ikut suami) ga mampu dan juga ga gampang percaya gitu aja...  Satu satunya jalan...stop belanja yg ga penting2 banget...(baju pake aja yg ada atau beli yg murah aja/ pas lagi sale kalo perlu ) dan lebih baik tabung uang jajan yg ada asalkan suatu hari nanti tidak bangkrut sama sekali....

Uang memang bukan segalanya...tapi gak bisa dipungkiri hidup tanpa uang juga susah. dengan adanya uang hidup bisa tenang, ibadah juga tenang ngga mikirin hutang.

Terus timbul pertanyaan sebenarnya mau apa sih?  Ternyata jawabannya bukan masalah materi tapi masalah ketenangan batin... Saya ingin hidup mapan, cukup, bahagia, sehat dan tidak punya hutang dan nyusahin orang lain , mati dengan tenang ga bawa/ninggalin utang.....toh meninggal ga bawa apa apa koq

Kalo pengen doank sih gampang tinggal ngomong aja..realisasinya ini nih....usia dah mau 35..tabungan tak seberapa...duhhhh walau telat biarin deh pokoknya harus disiplin.

Langkah pertama yg saya tempuh adalah menabung, gak lupa buka account reksadana (yang notabene harus ditambah terus :).  Alhamdulillah anakku dapat rejeki dan uangnya kita belikan saham INDF (PT. Indofood Sukses Makmur, TBK) untuk rencana jangka panjang, supaya mudah-mudahan pas usia anakku dewasan nanti, bisa membiayai kuliahnya  :)


Captain KickAss:  Tahap paling awal memang yang paling susah, yaitu mengakui kekacauan dalam mengelola uang atau kebiasaan belanja.  Seperti junky, awalnya selalu menyangkal bahwa ia sudah ketagihan drugs dan merusak hidupnya sendiri.  Setelah sadar akan hal yang satu ini, maka langkah berikutnya akan terasa lebih enteng karena pikiran sudah bersih dan otak sudah lancar untuk mengambil kegiatan-kegiatan positif/produktif, melakukan perubahan besar-besaran di segala sisi untuk mendapatkan masa depan yang nyaman dan bagi yang memiliki anak, dapat dengan tenang menyekolahkan anak-anaknya di mana pun.

Terimakasih "HappyMum" atas kontribusinya yang sangat berharga. 


Posted by "HappyMum"


Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment