Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 6 February 2012

Tips Hemat (3)

  1. Selalu membawa makanan dari rumah ke kantor.  Bukan satu atau dua kali seminggu saja, tetapi setiap hari.
  2. Menggunakan ac di mobil hanya bila benar-benar perlu sekali (seperti hujan besar, berada di area rawan kriminalitas, cuaca amat sangat panas sehingga tidak mungkin membuka jendela sedikit).
  3. Hindari menggunakan jalan tol bila bisa, dengan berangkat pagi sekali sebelum macet.
  4. Berhenti berlangganan majalah atau koran yang tidak diperlukan.  Banyak majalah atau koran yang bisa dibaca melalui internet secara gratis.  Saya selalu membaca Kompas.com, Detik.com, dll mereka semua update hampir tiap menit, sehinga berita di koran cetak menjadi sangat ketinggalan.
  5. Pilih kendaraan yang hemat bensin dengan cc rendah, bukan pilih kendaraan mewah karena gengsi, apalagi yang rumahnya jauh dari tempat kerja.
  6. Pilih pakaian yang classic modelnya hingga tidak akan pernah ketinggalan jaman.  Kebanyakan pakaian trendy (terutama wanita) kerennya hanya dalam 3 bulan saja, setelah itu basi atau ketinggalan mode.
  7. Miliki hanya 1 buah handphone.  Lebih dari satu adalah pemborosan dan tidak masuk akal. Bila dapat handphone gratis dari kantor, jual saja yang lama.
  8. Banyak provider handphone yang menawarkan paket, seperti: sms sepuasnya, sms + nelepon, internet + email, dll.....pilih paket yang sesuai keperluan saja, tidak perlua paket yang bisa semua aplikasi.  Di banyak gedung, restoran/cafe, tersedia wifi gratis, sehingga untuk ber facebook ria, email, browsing, dll tidak perlu diambil paketnya.
  9. Para kaum wanita, beli lah moisturizer yang tersedia di supermarket, karena semua mositurizer intinya melembabkan kulit wajah.  Yang harga 30 ribu sampai dengan 2 juta rupiah, kebanyakan bahan bakunya sama dan fungsinya tidak berbeda (hanya menjual merk dan gengsi saja).
  10. Tanam sayuran dan bahan bumbu dapur di halaman belakang atau di pot-pot untuk dikonsumsi.



Cheers,
Captain KickAss

4 comments:

  1. Setuju tinggal realisasinya nih hehhehehe

    ReplyDelete
  2. Harus bisa, pasti biasa. Fokus aja sama goal (yg agak besar alias "dream big"). Setelah jalanin 2 - 3 bln menghemat, lama-lama jadi kebiasaan kok, gak kerasa lagi. Thanks commentnya Puput.

    ReplyDelete
  3. Ide yang menarik terutama yang terakhir Tanam sayuran dan bahan bumbu dapur di halaman belakang atau di pot-pot untuk dikonsumsi, sekalian belajar agriculture :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Iya bener sekalian agriculture. Saya sendiri sebenarnya gak bakat menanam alias mati melulu. Tapi mbak saya (maid) pinter banget nanem apa aja, jadi gembul tanamannya. Di rumah ada tanaman jahe, sereh, cabe rawit (4 pohon, maklum doyan pedes), kemangi, lengkuas, kunyit, jeruk nipis, daun salam, dan sedikit singkong (daunnya disayur). Asik banget kalo lagi banyak, bisa dipetik. Jahe atau kunyit nya juga jauh lebih juicy dan warnanya cantik daripada yang di supermarket. Lumayan kadang2 ngirit duit di bumbu dasar.

      Delete