Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 30 January 2012

Kirana -- "Duitku kemana aja yaaak.."

OBROLAN KAMI MELALUI BBM:

Kir@na@: Whuaaa lapor boss !!!
                   Ternyata stlh mau sebulan semua expenses direcord... Baru ketauan
                   klo aku udah sangat2 over budget

Kir@na@: :'(

Kir@na@: Jd klo selama ini mikir, "duitku kemana aja yaaakk.. "
                   Skrg baru jadinya faham deeh,... Aku sebelum2 nya semua sll di-los
                   aja... Tanpa planning tanpa pertanggungjawaban

Kir@na@: Naaah, skrg baru deeh ketauan hal2 yg ga perlu2 banget tapi aku
                   spend msh bnyk jg

Kir@na@: Thx ya kak...
                   Sebulan ini aku mmg berusaha "biasa" dg pengeluaran spt sblm2 ny
                   Alias, ga ditahan2... Pengen tau ajaa spt apa siih selama ini

Kir@na@: Ternyata ooh ternyata skrg baru aware klo diriku msh belum becus
                   memanage mana hal2 yg PERLU dan mana2 hal yg PENGEN
                   Thx kak for introducing me to expensense

Kir@na@: Contoh, utk personal care aja... Aku budgetin 300rb, dg assuming
                   creambath + totok aura atau facial selang seling
                   Tnyata aku spend 655rb :'(
                   Yg cream bath, spa, totok wajah..

Kir@na@: Weleeehh... :(

Kir@na@: Ooh, tambah ada reflexiologi 200rb lg deeng...
                   Jd 855rb buat maintain badan doang yg benernya ga urgent2 amat

Kir@na@: Pokoknya judulny skrg aku takjub2 deeh dg diriku sendiri
                   Miscellaneous 917rb, busyeeett daah

Captain KickAss: Aha memang budget itu bikin sadar pengeluaran yg
                             berlebihan dan gak perlu, memperlambat goal-goal finansial
                             lain, apalagi masih ada cicilan rumah kan. Tahap pertama emang
                             sadar kalo pengeluaran suka asal, yg penting sekarang udah melek.
                             Gw perawatan diri, creambath di rumah, pijit/ scrub sama maid aja.
                             Perawatan muka cuma scrub dan moisturizer.
                             Selebihnya cuma vitamin, kira2 250 ribu sebulan total perwatan diri.

Captain KickAss: Gw gak pernah facial atau totok. Gak penting. Aura
                              keluar kalo kita happy.

Kir@na@: Huahahah... Hahah... Soalnya khan enaak dipijit2 gitu
                   mukanyaa... :p

Kir@na@: Emang ga penting siiy, cuman pengen enak2an doang :D

Captain KickAss: Coba catat semua, dan relakan utk coret yg gak
                             dibutuhin, pasti sekitar 80% gak perlu. Trus liat jumlah yg bisa
                             disave dan kalikan 12, pasti setahun bisa nabung berjuta juta

Kir@na@: Yaa itu td, aku skrg dah melek... Mana yg emang PERLU

Kir@na@: Mana yg PENGEN

Kir@na@: Yup... Ini lg cek2,... Itung2 ulang...

Captain KickAss: Enak sih enak muka dipijit, tunda aja luxury selama
                              beberapa tahun. Abis itu totok dan facial sebulan sekali kagak mikir
                              lagi karna uang udah banyak, investasi ada, hutang tinggal secuil
                              atau lunas

Captain KickAss: Facial, reflexology, totok tunda aja 5 thn. 5 thn
                             gak lama kok.  Palingan nanti kerasa emang gak perlu dan gak
                             dilakukan lagi deh.

Kir@na@: Yaaakk... Siyap laksanakan !!! :D

Captain KickAss: Ntar kasih tauk PLEASE total yg bisa di save dari
                             pengeluaran gak penting (luxury expenses) ke gw yak

Kir@na@: Okeeeh, siaaap !!
                   Ntar yaa.. Tunggu tgl 31, akhir bln mau dievaluasi lg neeh....

Captain KickAss: Tapi bener deh gw ampe shock bacanya ahahaha gede
                             baaaangetttttt

Kir@na@: Huahahaha......hahaha.... =D

Captain KickAss: Btw cerita pengeluaran lo ini boleh jadi bahan blog
                             gue yak, gak usah sebut nama kalo gak mau, tapi kalo lo mau jadi
                             contoh kasus, gw pengen sebut nama. Atau mau gak jadi guest
                             contributor dan tulis sedikit aja mengenai yg satu ini. Email ke
                             nosiswan@yahoo.com atau gw aja yg karang?

Kir@na@: Boleh kak.... Sebut nama ga masalah...

Kir@na@: Kk yg karang aja deh yaa... Nunggu nana nulis bisa tauk kapaan
                   deeh...

Kir@na@: Atau copas (copy & paste) aja conversation kita ini, tinggal paste di blog,
                   lebih original.  Na seneng banget punya personal financial consultant
                   gini....Top markotop daah!!!


Pada awal bulan Januari 2012 ini memang saya menganjurkan ke adik-adik tiri (5 orang) untuk mulai menyusun budget, dan saya juga berikan contoh budget saya pribadi sebagai acuan.  Alhamdulillah pada dengerin...yesss!!!  Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai menyusun budget, me-review budget tahun sebelumnya dan menyesuaikan dengan kenaikan inflasi dan faktor-faktor lain di tahun 2012.

MENCATAT SEMUA PENGELUARAN MEMBUAT ANDA SADAR AKAN PEMBOROSAN DI SANA-SINI.  SELALU MENGGUNAKAN CASH (TANPA KARTU KREDIT) JUGA MEMBUAT PENGELUARAN LEBIH TERASA.




Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment