Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 23 January 2012

Melunasi Kartu Kredit

Berikut adalah tips "Melunasi Kartu Kredit".  Selain STOP penggunaan kartu kredit selama masa pelunasan (meskipun memakan waktu beberapa tahun), cobalah menelepon bank-bank penerbit dan memohon agar total hutang bisa dikurangi atau minta diskon.  Bank-bank biasanya akan memberikan potongan jumlah hutang (berapapun jumlahnya bisa sangat membantu) ataupun memberikan interest rate lebih kecil (untuk sementara).  Tidak perlu malu, kalau tidak bertanya dan mencoba, kesulitan tidak bisa diringankan.

Ambil waktu senggang untuk dengan fokus mengkalkulasi perkiraan budget (batas pengeluaran) yang bisa dialokasikan tiap bulan agar dapat terlihat berapa kita bisa  mengalokasikan dana untuk mencicil hutang-hutang kartu kredit.  Kuncinya di sini agar kita dapat menyisihkan uang sebanyak-banyaknya untuk pembayaran hutang dan pada akhirnya menjadi TERBEBAS DARI HUTANG.

Segera pula JUAL barang-barang (furniture, perhiasan, electronic equipment) yang tidak terpakai atau tidak terlalu diperlukan, untuk membantu memperkecil jumlah hutang.

Prosedur pembayaran hutang:

  • Susun hutang-hutang kartu kredit dimulai dari kartu yang memiliki interest rate (bunga pembelanjaan) tertinggi, BUKAN total hutang tertinggi.
         Contoh:
         -  Bank ABC Visa  4%, total hutang 20juta
         -  Bank DEF  MasterCard  3,5%, total hutang 45juta
         -  Bank GHI Visa  3,5%, total hutang 15juta
         -  Bank JKL MasterCard  2,9%, total hutang 25juta

  • Bayar tagihan yang paling atas dari list dengan melebihkan (sebanyak mungkin kemampuan anda) dari jumlah pembayaran minimum.  Kemudian bayar tagihan lain di bawahnya sesuai dengan pembayaran minimum saja (Note: satu-satunya jalan untuk menghapus hutang kartu kredit yaitu dengan membayar lebih dari pembayaran minimumnya, karna bunga pembelanjaan yang besar hanya menambah hutang tiap bulan kalau yg dibayar minimum payment nya saja).

  • Setelah total hutang Bank ABC lunas, lakukan hal yang sama terhadap hutang pada Bank DEF dengan membayar lebih dari pembayaran minimumnya atau tambahkan pembayaran dengan jumlah total yang dulu dibayarkan ke Bank ABC (lunas).

  • Setelah total hutang Bank DEF lunas, lakukan hal yang sama terhadap hutang Bank GHI, dan seterusnya....

  • Selalu gunakan jumlah uang yang bisa dikeluarkan untuk pelunasan hutang sebelumnya ke hutang berikutnya, karna anda memang mampu dan sudah ada uang lebih untuk melakukannya.

  • Begitu semua hutang sudah LUNAS, anda harus tetap mengeluarkan jumlah uang yang selama ini digunakan untuk pelunasan hutang, tetapi dimasukkan ke TABUNGAN sendiri, seolah-olah anda melakukan pencicilan hutang.  Intinya, biasakan menabung dan menabung, jangan sampai setelah hutang-hutang lunas, anda berhutang lagi.

Hidup sederhana.  Jangan terjebak pergaulan yang menuntut harus banyak gaya dengan memakai pakaian atau aksesoris serba branded, dsb. 

Lebih baik terlihat biasa-biasa saja, tetapi memiliki banyak asset dan sedikit/tanpa hutang, daripada berpura-pura seperti orang kaya, tetapi miskin.



"LOW PROFILE, HIGH PROFIT living is awesome"

Cheers,
Captain KickAss




   



1 comment:

  1. Anda juga pernah memberitahu saya dalam masa proses membayar cicilan kartu kredit tersebut,usahakan kita tetap menabung walaupun jumlahnya sangat kecil. betuk kan ?

    ReplyDelete