Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 14 May 2012

Disukai Teman Tanpa Pake Duit?

Daripada pakai barang mahal agar disukai orang, lebih baik coba saja ikutin cara-cara di bawah ini.  Gak pake duit, tapi bakal jadi orang yang dikagumi.  Saya sih gak mungkin semua point di bawah bisa ngejalanin, tapi berusaha untuk melakukan hal-hal di bawah ini.  Nobody's perfect, tapi setidaknya gak perlu ikut-ikutan banyak gaya dan selalu tulus dalam bergaul.  Tidak usah semua, sebagian besar aja dijadikan patokan untuk menjadi orang yang popular atau disukai banyak orang.  Sekali lagi, yang penting bukan jumlah teman, tetapi kualitas mereka sebagai teman.


  1. Jadilah diri sendiri.  Bosan ya dengarnya? Tapi memang betul sih.  Kalau mencoba jadi seperti orang lain yang ada di majalah, bisa capek sendiri seperti main sandiwara seumur hidup tapi gak pernah dapat piala Oscar.  Kalo tidak menyukai diri sendiri apa adanya, maka orang lain pun kurang menghargai anda.
  2. Perduli dengan sesama.  Kalau anda memang tulus ingin membantu orang baik dalam bentuk materi atau nasihat, maka orang lain pun akan tidak segan-segan bahkan berebut untuk menolong anda bila terjadi musibah/masalah.  Tidak perlu mengharapkan dibalas, tulus saja.  Memang banyak orang yang setelah dibantu, tetapi langsung cuek saja, bahkan tidak menunjukkan tanda berterimakasih, tetapi tidak perlu dipikirkan karena anda menolong dengan tulus, pada akhirnya orang-orang lain akan melihat kebaikan anda dan anda mendapat rejeki dari mereka ini.  Bila selalu mengharapkan balasan, maka anda pasti akan kecewa, sifat manusia suka lupa akan kebaikan orang, tetapi selalu ingat akan keburukan orang lain.
  3. Menyenangkan hati orang lain.  Teman-teman jarang mengingat apa yang telah kita lakukan, tetapi mereka akan selalu ingat bagaimana kita membuat mereka merasa senang.
  4. Berusaha selalu jujur.  Tidak ada orang yang suka dengan pembohong atau pembual.  Capek deh dengerin orang seperti itu.  Perkataan anda harus bisa dipertanggung jawabkan nanti, atau anda akan malu sendiri dan dijauhi teman.
  5. Rajin senyum.  Gak susah kok!  Lagipula orang yang murah senyum lebih menarik dari orang cantik tapi jutek melulu mukanya.  Pasti banyak deh yang ingin menjadi teman anda.  Coba saja anda sedang berjalan-jalan di mall dan papasan dengan orang yang tidak dikenal, lalu orang tersebut tersenyum ramah, pasti anda langsung merasa nyaman dan seolah seperti sudah pernah kenal sebelumnya.  Senyuman selalu membuat suasana menjadi hangat seketika.
  6. Hormati semua orang.  Tidak perduli umur, tingkat ekonomi orang lain, semua harus disamaratakan.  Contoh paling simple:  hormati lah mbak-mbak yang kerja di rumah anda, mereka jauh dari kampung dan keluarga untuk mencari uang dengan bekerja keras membersihkan rumah anda, wc, cuci baju/pakaian dalam dan banyak lagi tugas yang anda sendiri ogah melakukannya.  Hormati mereka dan sayangi seperti keluarga sendiri, toh mereka memang tinggal di rumah anda seperti orang-orang lain yang anda kasihi di rumah.
  7. Berusaha untuk selalu mengingat nama orang.  Meskipun mereka lupa dengan nama kita, tetapi kita harus coba selalu ingat.  Suasana akrab langsung akan tercipta begitu anda menyebut namanya, padahal dia pikir sudah lupa, dan ia akan senang sekali.
  8. Jangan lupa bilang "terimakasih" atau "tolong".  Dua kata ini sangat sopan, dan membuat orang senang melakukan hal yang memang sudah tugasnya, seperti di kantor atau di restoran terhadap staff.  Kedua kata-kata ini bukan kata yang berlebihan atau dibuat-buat, sebaliknya sangat mudah diucapkan dan berharga bagi orang lain.
  9. Mengasah keahlian menjadi sesuatu yang hebat.  Banyak orang yang terkesan dengan musisi yang ahli sekali memainkan alat musiknya, penulis yang lincah dalam mengolah kata-kata menjadi suatu cerita, pemahat yang menciptakan patung yang sangat cantik, bahkan seorang orator yang berpidato dengan penuh semangat dan menyetuh hati setiap orang yang mendengarkannya.  Asah terus hobby atau keahlian anda agar menjadi sesuatu yang dahsyat!  Jangan pernah melakukan sesuatu dengan tanggung-tanggung, lakukan dengan sepenuh hati baik itu hal kecil maupun besar.  Usaha dan kesungguhan anda akan sangat dihargai dan dikagumi, meskipun mungkin bagi anda itu adalah sesuatu yang tidak terlalu penting.  Reputasi anda sebagai seseorang yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan suatu pekerjaan/tugas/hobby bisa memukau orang lain.  Do your best in anything, whether it's small or big.
  10. Bila ada waktu dan kemampuan, bantulah orang lain yang sedang susah.  Bantuan anda yang tidak disangka-sangka akan membuat seseorang merasa senang, lega dan dihargai keberadaannya.  Tulus!
  11. Bila anda seorang yang kreatif, tambahkan personal touch atau sentuhan khusus yang merupakan khas anda.  Buatlah menjadi menarik, lucu tetapi tetap mencerminkan pribadi anda.
  12. Biasakan selalu mewujudkan/melakukan apa yang sudah anda janjikan ke orang lain.  Jangan suka hanya menjual omongan kosong belaka, lama-lama orang lain akan bosan dan tidak akan menganggap anda serius, bahkan anda akan diremehkan.
  13. Jaga kerapihan, baik itu penampilan, rumah, ruang kantor, mobil, tas, dll.  Orang yang rapih rumah atau tempat kerjanya, biasanya dianggap bertanggung jawab dengan hal-hal kecil, dan orang serperti ini kebanyakan akan bertanggung jawab juga bila dihadapkan dengan masalah yang lebih besar.
  14. Sebelum meeting atau pertemuan untuk mendiskusikan sesuatu, lakukan riset dulu sebelum pertemuan sehingga anda tidak terlalu banyak bertanya hal-hal yang sangat mendasar dan membuang waktu orang lain.  Cari tahu dari segala macam sumber, internet banyak sekali menyediakan segala macam ilmu secara instan, istilahnya buat PR dulu di rumah.
  15. Jangan pelit ilmu.  Sebarkan ilmu yang anda kuasai ke teman-teman, tentunya ilmu yang baik dan berguna.  Berikan resep masakan anda yang banyak orang sukai dan ajarkan mereka cara memasaknya, kecuali resep tersebut adalah kunci dari bisnis anda dan memang harus dirahasiakan.  Teman-teman akan senang sekali bila bisa menambah ilmu atau keahlian bersama dan merekapun akan dengan senang hati membagi ilmunya.
  16. Jadilah orang yang selalu berpikir positif sehingga orang lain di sekitar anda pun akan terikut positif dan ceria.  Jangan takut akan kegagalan, anggap saja itu pelajaran berharga dan tetap semangat.  Orang yang suasana hatinya sering negative, sangatlah tidak menarik untuk dijadikan teman karena hanya menciptakan suasana depresi terus.
  17. Dengarkan bila orang lain sedang berbicara.  Stop main blackberry atau iphone, fokuskan perhatian anda ke orang tersebut dan hargai apa yang sedang ia katakan meskipun anda tidak tertarik sama sekali.  Bila ia sudah terlalu banyak bicara dan membosankan, anda bisa mencoba mengalihkan pembicaraan ke topik yang lebih menarik denga sopan tentunya.
  18. Ungkapkan apa yang and percayai atau yakinkan tanpa memaksakan ide tersebut.  Katakan saja dengan sopan tetapi tegas.  Tidak perlu berubah-ubah pendapat agar dianggap cool oleh orang lain, bila memang itu yang anda yakini.
  19. Miliki rasa humor yang tinggi.  Jangan mudah tersinggung dengan candaan yang mengenai diri anda, orang yang bisa mentertawakan diri sendiri adalah orang yang hebat, lagi pula itu semua hanya guyonan saja, tidak ada yang serius.
  20. Rajin mengikuti berita atau membaca buku dan artikel-artikel lain walaupun tidak berhubungan dengan pekerjaan anda.  Dengan begitu anda akan memiliki wawasan yang luas dan tidak menjadi orang yang membosankan karena tidak pernah nyambung dalam percakapan.  Anda pun akan merasa bosan, sementara orang lain membahas hal-hal yang sebetulnya umum tetapi anda tidak mengerti bahkan tidak pernah mendengar kejadian tersebut.  Rata-rata orang yang popular di antara teman-temannya adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan meskipun tidak sampai menjadi seorang ahli, tetapi ia bisa diajak membahas topik apa saja, dan juga cepat menangkap suatu pembahasan karena sebelumnya pernah ia baca atau dengarkan dari orang lain.  Saya sendiri lebih senang mengobrol dengan orang yang berpengetahuan luas, karena mereka sangat menarik, tidak perlu keren/cantik, tetapi yang pasti enak diajak bicara dan bikin betah.

Saya akui, masih banyak dalam diri saya yang harus dirubah untuk menjadi lebih baik.  Jadi, daripada habiskan uang untuk barang-barang mahal dan ternyata tidak ada yang terlalu memperdulikan, sebaiknya kita coba untuk menerapkan poin-poin di atas.  Tidak mungkin kita bisa menjalankan semuanya, tetapi tetaplah berusaha menjadi orang yang mengesankan dari dalam diri anda bukan dari harga barang yang menyangkut di badan anda.  Artikel ini terinspirasi dari 28 Dignified Ways to Impress Everyone Around You, by Marc.













Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment