Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 12 March 2012

"Cool" Tapi Bokek -- & Mereka pun Makin Bokek



Alasan kenapa si "keren/cantik" ternyata bokek:

  1. Masalah mereka tidak pernah karena salah mereka.  Orang-orang bokek tidak pernah mau bertanggung jawab atas keadaan keuangannya dan selalu menyalahkan orang lain.  Mereka suka menyalahkan teman, keluarga dan pemerintah, dengan menganggap kebokek-an mereka karna ulah orang lain.
  2. Budget?  Apaan tuh?  Hampir semua orang bokek tidak tahu uangnya habis untuk belanja apa?  Mereka tidak pernah membuat atau perduli terhadap budget.  Uang mereka habis begitu saja tanpa ada rem, baik untuk pengeluaran kecil maupun besar.
  3. Mereka tidak merencanakan masa depan, pokoknya hari ini yang penting, besok-besok mah nanti aja urusannya.  Uang mereka tidak pernah tersedia untuk keperluan penting di masa depan, karena sudah habis dibelanjakan hari ini, bahkan kemarin.  Menabung dan investasi adalah hal-hal yang asing dan tidak masuk akal/otak mereka.
  4. Uang dihabiskan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.  Kita pasti punya teman-teman seperti ini, mereka sudah mempunyai mobil yang bagus, tetapi membeli lagi mobil yang lebih mewah dengan mencicil pula karena tidak punya cash.  Begitupula dengan Handphone yang selalu trendy, dibeli dengan kartu kredit.
  5. Bersaing dengan orang lain yang sama borosnya.  Banyak sekali orang yang membeli rumah mewah di lokasi mewah, yang sebetulnya mereka tidak mampu untuk beli secara finansial.  Karna sudah terjebak rumah mewah, maka mobil, televisi, sofa, dll pun diganti dengan yang serba mewah.  Cicilan semakin menggunung.
  6. Bayar tanpa mikir.  Kebanyakan manusia bokek tidak pernah membandingkan barang untuk mendapatkan harga terbaik atau menawarnya.  Mereka membayar harga lebih mahal dari yang seharusnya.
  7. Kredit adalah sahabat mereka.  Mereka tidak pernah mencoba menahan atau menunda pembelian barang, apalagi menabung dulu sampai punya cash sebelum membeli.  Langsung saja charge ke kartu kredit atau ambil pinjaman di bank, bayar cicilannya nanti-nanti saja dipikirkan.
  8. Mengandalkan orang lain untuk keluar dari masalah.  Pastinya kita semua kenal dengan orang yang selalu lari ke orang tuanya, keluarga atau teman, untuk meminta bantuan membayar hutang mereka bila sudah sangat dalam terjebak.  Saya juga tahu betul orang-orang seperti ini yang memeras orang tuanya agar segera ditolong secara finansial dan dicarikan pekerjaan (akibat malas dan tidak bertanggung jawab).
  9. Menganggap budget itu konyol, yang penting hari ini bisa senang.  Orang-orang bokek tidak suka membuat rencana masa depan karena dianggap masih jauh/lama sekali.  Mendingan pesta-pesta saja sekarang.
  10. Yang penting penampilan cantik/keren dan serba wah!  Teman-teman ini memang bokek berat karena bagi mereka lebih baik penampilan mereka serba mewah dan dianggap seperti orang kaya, daripada harus kerja dan berusaha menabung agar benar-benar punya banyak uang, bukannya berpura-pura punya uang.  Hasilnya?  Mereka menghabiskan uang dan menumpuk hutang dengan membeli kendaraan, pakaian dan asesoris mahal hanya agar terlihat memiliki power dan berpengaruh di kalangan sosial.

Terinspirasi dari www.smartmoney.com



Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment