Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 12 March 2012

Tips Hemat (6)

  1. Bikin snack sendiri untuk di rumah.  Cari resepnya di internet, percaya deh, banyak banget snack yang ternyata gampang banget dibuat dan murah bahannya.  Masukkan toples yang bagian dalam tutupnya belapis bahan karet agar snack lebih tahan lama/segar.
  2. Beli ayam utuh, bukan yang sudah dipotong-potong.  Saya sudah mahir memotong-motong ayam sendiri dan membuang kulitnya (alasan kesehatan).   Gunakan pisau yang besar dan berat (pisau segi empat, seperti yang dipakai tukang daging).  Sambungan sendi sayap, paha, semua adalah tulang lunak dan mudah dibelah.
  3. Beli barang-barang yang tahan lama, bukan yang murah.
  4. Beli kado natal (hiasan pohon natal), hadiah lebaran (kerudung, tasbih, dll), sehari atau beberapa hari setelah peryaan hari raya (diskon besar), dan berikan hadiah tersebut untuk tahun depan.
  5. Barter asesoris (wanita) anda yang masih bagus tetapi sudah bosan, ke teman-teman.
  6. Berikan hadiah ulang tahun yang pastinya akan sering dipakai (banyak yang murah).  Banyak yang akan merasa "kesal" karena dikasih hadiah murah, tetapi setelah beberapa hari ternyata barang tersebut sangat berguna dan paling sering dipakai.  Para kaum perempuan cepat sekali bosan dengan pakaian maupun tas dan akhirnya bertumpuk dilemari dan bahkan banyak yang tidak pernah dipakai.  Dari pengalaman saya, dan saya selalu memang memilih hadiah sendiri bila ditanya orang mau apa, dan saya selalu meminta barang-barang hadiah seperti, baskom untuk persiapan masak di dapur, toples, alas piring makan, serbet dapur, kotak makanan, alat kebersihan (sikat, spons cucian, kain pel), oven gloves, segala macam yang pastinya terpakai, tahan lama dan tidak pernah bosan (karena memang perlu).  Banyak juga teman atau saudara yang bingung, kok ulang tahun minta baskom plastik, kan murah banget, tapi itu memang yang saya mau, bukan baju atau yang lain-lain karena sudah cukup.  Sekarang mereka sudah mengerti saya, dan saya diberikan hadiah-hadiah yang murah tapi amat sangat berguna dan membuat saya senang sekali.  Setiap saya masak atau mengelap barang dengan serbet, saya selalu teringat orang-orang yang memberikan hadiah tersebut dan saya sangat berterimakasih.
  7. Masak sendiri semua makanan untuk pesta.  Baik pesta kecil atau besar, saya selalu memasak sendiri lauk pauk.  Saya start memasak 4 - 5 hari sebelum pesta agar tidak kerepotan atau kewalahan nantinya.  Sehari saya memasak 2 macam lauk yang kemudian dibekukan (rendang, semur, gulai ayam, dll) untuk kemudian dipanaskan pada hari pesta (dikeluarkan dari freezer sehari sebelumnya agar mencair dan bisa segera dipanaskan).  Pada hari pestanya, saya tinggal memasak sayuran dan menggoreng/memanggang lauk yang sudah disiapkan dan yang sebelumnya dibekukan, seperti springrolls, cannelloni, macaroni, dll.  Saya belum pernah pakai jasa katering kalau pesta di rumah.
  8. Barter mainan anak-anak anda dengan teman-teman yang memiliki anak yang usianya hampir sama dengan anak anda.  Anak kecil cepat bosan dengan mainannya, rawatlah dengan baik semua mainan agar bisa tukaran dengan teman-teman.  Anak kecil juga tidak perduli apakah mainan tersebut baru atau bekas.
  9. Perhatikan semua keran, bila ada yang menetes/bocor, sergera perbaiki atau ganti.
  10. Jangan pernah mau membayar bunga belanja kartu kredit, dengan selalu membayar lunas setiap bulannya.  Gunakan saja cash, bila uang tidak cukup, berarti anda memang belum mampu membeli, sabar dan menabung dulu.

Tidak perlu mencoba memiliki sesuatu agar dikagumi orang lain.  Hargailah teman atau saudara yang sedang berhemat dan menurunkan gaya hidupnya karena sedang berusaha keluar dari hutang agar hidupnya lebih baik dan nyaman.  Semangat dan lunasi semua hutang anda meskipun memakan waktu beberapa tahun, hidup sederhana, menabung sebanyak-banyaknya, pensiun sesegera mungkin dan nikmati hidup ini.  Bila uang anda sudah berlebih-lebih nanti, jangan lupa bersedekah sebanyak mungkin dan bersyukur, tidak perlu sombong.




Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment