Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 23 April 2012

Alasan Mulai Bikin Budget, Sekarang!

Saya gak ngerti kenapa "budget" menjadi seperti suatu kata yang dibenci orang.  Saya rajin sekali mencatat dan menganalisa budget pribadi dan bukan karena nasihat-nasihat orang lain yang pernah saya dengar saja, tetapi memang butuh dan jelas sekali kesehatan finansial pribadi saya dari bobrok menjadi sangat fit.  Saya lakukan ini untuk diri sendiri, bukan karena ingin dipuji pasangan atau orang tua.  Yang jelas budget membuat hidup saya sangat nyaman dan tenang, dan asik-asik saja.  Selain itu budget membuat saya merasa powerful dan percaya diri untuk menghadapi masa tua, meskipun masih jauh.



  1. Budget merupakan alat yang bisa meramal rencana-rencana masa depan.  Tetapi tidak seperti dukun di negara ini yang semua penipu, budget memberikan ramalan yang jitu, karena angkanya berdasarkan fakta (itu bila anda berani jujur dalam pencatatannya).
  2. Budget membantu mencapai impian-impian anda.  Banyak goal-goal yang bisa jelas terlihat KAPAN bisa anda gapai, sebuah janji yang sering sekali ditepati (sekali lagi, bila anda focus dan disiplin).
  3. Setiap seribu perak yang anda tabung, adalah lebih baik daripada seribu perak yang anda hasilkan dari bekerja!
  4. Menjadi alat komunikasi yang positif terhadap pasangan anda.  Meningkatkan kepercayaan.
  5. Menyenangkan untuk mengetahui bahwa anda bisa mengkontrol kehidupan, bukan sebaliknya.  Menghindari penyesalan di masa depan, seperti banyak yang bilang "Seandainya dari dulu gue nabung", "Wah kalau waktu muda gak boros, mungkin sekarang saya sudah gak perlu kerja keras, padahal sudah umur 60 tahun",  "Sayang sekali dulu uang habis di salon, padahal anak saya pintar dan harusnya kuliah di Harvard", "Mak, duit gue kemana aja ya abisnya?", dll.
  6. Budget menampar wajah anda bila terjadi pengeluaran berlebih yang konyol.  Angka dan catatannya terbaca jelas, lagipula yang menulis anda sendiri, sambil mencatat sambil merasa sesak sendiri.
  7. Dengan memiliki budget, kesenangan-kesenangan yang jauh lebih berarti bisa dinikmati, seperti holliday bersama seluruh keluarga, dinikmati oleh semua orang yang anda cintai, bukannya egois hanya menikmati sendiri saja.
  8. Bila uang anda terkontrol, maka beramal pun menjadi menyenangkan, mudah dan RELA, bukan karena terpaksa jaga gengsi, sebab anda memang ada uang lebih hasil tabungan.
  9. Anda bisa belajar mengenal kebiasaan anda sendiri, baik dan buruknya akan terlihat dan itu HEBAT.  Tidak banyak orang yang mengerti dirinya sendiri, tetapi sering menilai orang lain.
  10. Sebagai alat untuk merubah kebiasaan buruk dan menjadikan anda seseorang yang apa adanya.
  11. Budget membuat hidup menjadi lebih teratur.  Sakit kepala berkurang, kecemasan berkurang, yang tinggal hanya kemantapan melangkah.
  12. Membantu menabung untuk dapat membeli sesuatu yang memang sudah menjadi dambaan anda dari kecil.
  13. Mencatat dan menganalisa budget adalah saat yang paling penting dan mempengaruhi hidup anda dan keluarga, meskipun hanya memerlukan waktu 15 menit, dibanding kegiatan lain yang tidak ada manfaatnya seperti, jalan-jalan di mall, bergosip dengan teman berjam-jam.
  14. Membuat anda menjadi lebih kreatif dalam mencari celah untuk menabung sehingga sesuatu yang anda anggap dulu tidak mungkin bisa dimiliki, menjadi BISA DIMILIKI!
  15. Pikiran menjadi tenang dan tidur pun nyenyak, karena catatan budget anda mengatakan bahwa tagihan-tagihan bulan depan pasti bisa dibayar!
  16. Tanpa budget, jangan harap bisa kaya atau terjamin masa pensiunnya.
  17. Dengan budget yang disiplin, suatu saat anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk hal-hal yang menyenangkan daripada waktu untuk bekerja.  Nantinya anda bekerja hanya untuk mengisi waktu saja, karena dengan disiplin budget, uang tidak menjadi sesuatu yang memusingkan untuk dicari.


Tidak ada hal negative satu pun yang bisa saya kemukakan dalam hal budgeting.  Semua bagus!  Saya senang sekali sudah memiliki budget yang rapih meskipun memakan waktu hampir setahun untuk betul-betul bisa menyusun budget yang sangat sesuai untuk diri saya sendiri.  Artikel ini sebagian terinspirasi dari "The Secret To A Successful Budget, by Craig Ford".













Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment