Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 9 April 2012

Boros >>Tekanan Dari Teman/Saudara (Peer Pressure)



Apakah anda merasa mendapat tekanan dari teman-teman/saudara untuk membelanjakan uang?  Hadiah untuk baby, ulang-tahun, makan di luar, arisan, ngopi di Starbucks?  Bila anda sedang menghadapi masalah keuangan pribadi dan berusaha menabung untuk masa depan atau melunasi hutang, maka hal ini bisa menjadi tantangan.  Hindari perasaan tersebut dengan cara sebagai berikut:

Jujur Saja

Bila anda diundang untuk acara ulang tahun, baby shower, pernikahan, dll, katakan saja sejujurnya mengenai keadaan finansial anda.  Daripada menghabiskan uang untuk hadiah yang mahal, berikan saja kartu dan berikan hadiah dari hasil karya anda sendiri, seperti cookies/kue.  Beberapa teman/saudara akan mengerti dan maklum, beberapa orang akan merendahkan anda dan orang seperti ini memang tidak patut dianggap sebagai teman.


Tawarkan Apa Yang Mampu Anda Berikan

Bila teman kantor atau kawan-kawan lain mengajak patungan dengan jumlah uang yang agak besar untuk membeli hadiah, tawarkan saja sejumlah uang yang sesuai dengan kemampuan anda, plus tenaga untuk membantu pada acara tersebut.


Jangan Ikut-Ikutan

Kadang anda merasa harus ikutan dalam gaya bermewah-mewah atau pemborosan seperti yang dilakukan teman-teman, seperti takut tidak "dianggap" dalam lingkungan tersebut.   Hanya karena yang lain mempunyai IPhone terbaru atau baju yang paling trendy, bukan berarti anda juga harus punya barang tersebut.  Atau diajak arisan yang mewajibkan uang arisan dalam jumlah besar?  Tolak saja. 

Arisan dalam jumlah besar sangat tidak saya suka, karena hanya menciptakan "kelas" saja, seolah-olah teman-teman yang uangnya tidak banyak, sengaja dijauhkan agar tidak bisa bergabung, kalau murah dan tujuannya memang untuk berkumpul bersama, kan semua bisa ikutan.  Dan arisan 250ribu - 1jt atau lebih adalah sangat boros dan merugikan, sama sekali bukan menabung, pikirkan saja kalau jumlah anggota arisan ada 12, dan anda mendapatkan uang arisan paling terakhir, dalam setahun Rp. 1jt setiap bulannya bila diinvestasikan di reksadana, dengan asumsi 1% interest perbulan, maka uang tersebut bisa menghasilkan lebih dari Rp. 1,4jt dalam setahun, uang Rp. 1,4jt bisa untuk membantu membayar pajak, asuransi, sekolah anak, dll.  Ini adalah opini saya, kalau anda berpendapat lain, yah terserah saja, tidak ada yang melarang.


Tolak Dengan Sopan

Diundang ke acara orang yang memang tidak terlalu dekat, atau acara teman-teman yang anda tahu akan menggelar dagangan seperti alat dapur atau perhiasan?  Hindari tekanan untuk membeli dengan menolak datang secara sopan.


Usulkan Alternatif Lain

Bila ada yang mengusulkan untuk berkumpul dan makan bersama di restoran mahal, usulkan saja untuk ke restoran lain yang lebih murah,  ke taman dan buat acara piknik, ke salah satu rumah dan adakan potluck (masing-masing membawa makanan yang kebetulan sudah ada di rumah).  Anda semua tetap akan berkumpul, dan teman yang kebetulan sedang kesulitan finansial termasuk anda tetap bisa ikut bergabung.


Pikirkan Tanggung Jawab Anda Terhadap Diri Sendiri

Kondisi keuangan anda adalah tanggung jawab anda.  Teman yang mengajak patungan dalam jumlah besar, yang mengajak ke restoran mahal, mengadakan arisan wah, belum tentu, bahkan TIDAK AKAN perduli atau mau membantu membayar tagihan anda atau menambahkan tabungan anda sehingga nanti tidak perlu berhutang lagi.  Jadi, jangan perdulikan sedikitpun apa kata orang, dan fokus untuk bertanggung jawab dengan keuangan anda yang kurang bagus dan mantapkan langkah anda menuju masa pensiun/tua yang nyaman dan bebas dari masalah finansial.







Cheers,
Captain KickAss


No comments:

Post a Comment