Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 13 February 2012

10 Alasan Mendingan Belanja "Online" Aja

Artikel ini khusus untuk yang sudah pada bisa kontrol nafsu belanja...haha...  ;)

Saya suka sekali dengan internet shopping.  Banyak sekali barang-barang di rumah dibeli secara online.  Waktu pindah ke rumah baru ini (baru setahun tinggal di BSD), saya beli AC, kulkas, tv, kitchen appliences, dll secara online.  Saya pesan facial moisturizer, obat (bukan narkoba loh, jijay),  vitamin, seprei, blank dvd, makanan kucing, dan masih banyak lagi, semua online.  Bulu mata palsu pun pesan dari internet!!

Alasan mengapa saya suka beli lewat internet:

  1. Tidak perlu keluar rumah, cukup duduk di meja breakfast dan tidak perlu keluar ongkos bensin, parkir, vallet (saya benci kalau harus putar-putar cari parkir di mall, buang waktu yang berharga, sekalian aja bayar vallet).
  2. Tidak tergiur barang-barang lain yang sebelumnya tidak direncanakan untuk dibeli, karena tidak window shopping.
  3. Semua barang-barang yang dijual online harganya lebih murah daripada di toko atau di mall.  Karena mereka tidak perlu keluar ongkos sewa lapak atau ruang di pusat perbelanjaan.  Lebih murah juga karena, mereka hanya punya stock sedikit dan kalau kurang, tinggal telepon supplier untuk minta diantar, jadi tidak memerlukan gudang.  Para penjual ini beroperasi di rumah masing-masing dan barang-barangnya pun dijaga dan sudah disortir kualitasnya.
  4. Barang-barang elektronik besar seperti AC, kulkas, TV pun mereka langsung pesan dari supplier saja dan membantu pengirimannya/penjualan.
  5. Ongkos kirim (biasanya Tiki atau JNE) sangat murah.  Kalau barang-barang elektronik yang besar-besar biasanya gratis diantar bila se-kota.
  6. Service sangat cepat.  SMS atau pesanan secara online segera dijawab dan diproses.  Bila tidak ada stock atau stock di discontinued, mereka segera lapor dan berusaha mencarikan merk/model lain yang sejenis aplikasinya.
  7. Packing pengiriman sangat baik.  Bungkusnya berlapis-lapis hingga barang selalu terkirim tanpa cacat, bahkan box nya tidak penyok.
  8. Dengan harga yang sudah di bawah harga retail, mereka masih menawarkan diskon atau masih bisa ditawar, bila beli banyak.
  9. Saya belum pernah tertipu.
  10. Pembayaran sangat mudah, bisa dengan transfer bank, credit card, atau bayar ditempat waktu pengiriman (Cash On Delivery).

Berikut adalah beberapa toko online yang saya reccomend:
  • Makanan dan kebutuhan lain khusus kucing:  www.rumahkucing.com
  • Obat-obatan, vitamin, alat kesehatan:  www.apotik.medicastore.com  menerima resep juga.  Scan atau foto saja resep dokter dan kirim ke mereka, pas pengantaran, resep asli akan diminta (bila ternyata resep asli tidak ada atau hilang, obat-obatan tidak akan diberikan).
  • Representative dari Amazon.com:  www.juraganbuku.com
  • Electronic:  www.glodokshop.com
  • Electronic khusus gadget:  www.bhinneka.com
  • Nail polish dan peralatan untuk kuku:  www.nailartdecoration.com
  • Tempat jual segala jenis barang (ya segala macam!!!), baik baru maupun second, bisa contact para penjual di:  www.kaskus.us (pilih penjual yang melampirkan foto tumpukan resi pengiriman sebagai bukti bahwa mereka tidak menipu, dan banyak juga komentar-komentar para pembelinya yang memberikan rekomendasi di iklan mereka).  I am a big fan of Kaskus!

Khusus untuk pakaian dan sepatu, menurut pengalaman saya lebih baik ke ITC saja atau mall, karena biar bagaimanapun harus dicoba dulu sebelum dibeli agar yakin ukuran dan kenyamanannya.  Boleh saja beli secara online, tapi baca betul size dan jenis bahannya.  Fashion baju atau sepatu, "you get what you pay for", maksudnya kalau murah banget, yah berarti kualitasnya pun kurang bagus atau barang KW (alias palsu), tapi lumayan untuk di rumah atau acara santai.

Untuk barang-barang yang tidak ada di negara ini, saya pesan dari toko-toko online luar negeri.  Ongkos kirim mahal sekali dan harus bayar pajak begitu kiriman datang.  Tetapi terkadang terpaksa pesan juga dan memang sangat dibutuhkan (bukan untuk menghamburkan uang).  Saya sangat anjurkan untuk membuat account PayPal, karena jauh lebih aman daripada memasukkan data kartu kredit ke form pemesanan.

Saya tidak dibayar atau mengiklankan toko-toko online yang saya sebut di atas.  Semua itu memang berdasarkan pengalaman saya dan saya memang secara pribadi puas sekali dengan layanan mereka.


Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment