Let's Improve Our Financial IQ!


HI, SEMUA ARTIKEL YANG ADA DI BLOG INI SUDAH DIJADIKAN BUKU SUPAYA MUDAH DIBACA DIMANA SAJA.......SILAHKAN DIPESAN DI http://www.dapurbuku.com/hepeng-by-captain-kickass


Published since 23 January 2012




LOW PROFILE, HIGH PROFIT!


by Captain KickAss



Monday 6 February 2012

Aturan Main "Joint Account" Anti Cekcok

Banyak pasangan suami istri yang memiliki "joint account" (account bersama) untuk memudahkan pengontrolan uang masuk dan keluar.  Tetapi banyak yang menjadi kacau karena masing-masing merasa tidak bertanggung jawab, bahkan tidak mau tahu dan terjadilah pertengkaran yang seharusnya tidak perlu terjadi.  Sebagai pasangan, bila anda menggunakan "joint account", maka anda berdua HARUS setuju dengan poin-poin berikut:


1.  PILIH SATU DIANTARA PASANGAN UNTUK MENJADI "JOINT ACCOUNT MANAGER".
         
Hampir tidak mungkin dua orang memiliki tugas yang sama dalam mengatur keuangan keluarga.  Tentukan salah satu untuk menjadi account manager keuangan keluarga.  Beberapa orang berpikir bahwa siapa yang memiliki lebih banyak waktu harus bertanggung jawab, atau beberapa mengatakan bahwa suamilah yang harus bertanggung jawab karena hal ini adalah urusan lelaki.  Kedua anggapan ini tidak tepat.

Seseorang yang cermat dalam hal detail, bisa mengkontrol emosi, dan yang mampu mentoleransi tugas yang berulang-ulang, biasanya adalah yang lebih pantas menjadi account manager  --  dan kedua kualitas tersebut bisa dimiliki wanita maupun pria, bahkan pada orang yang lebih sibuk maupu tidak terlalu sibuk.  Jauhkan gengsi dan stereotype untuk memutuskan siapa yang paling pantas.

Setelah diputuskan, berikan ruang kerja kepada account manager dan berikan juga kepercayaan penuh tanpa terus-menerus mengawasi maupun banyak bertanya. 


2.   MENJADI ACCOUNT MANAGER BUKAN BERARTI ANDA ADALAH BOSS DARI PASANGAN ANDA

Jangan bersikap sombong.  Ya, anda adalah account manager karena anda lebih handal dalam hal ini.  Begitu anda merasa terlalu hebat, ingatkan diri anda bahwa banyak hal-hal lain yang pasangan anda lebih mampu menanganinya, karena bila tidak, pasangan anda akan mengingatkan anda ketika pertengkaran atau kekesalan terjadi.

Jangan memperingatkan pasangan dengan kasar bila ada pengeluaran berlebihan atau pun pasangan anda lupa memberitahu pengambilan uang di ATM atau pembelian di toko.  Kontrol nada suara anda dan katakan saja dengan netral tanpa menuduh, menghardik atau bahkan menggurui.  Akui juga kesalahan anda ataupun kelalaian/kelebihan belanja anda.  Ini adalah penganalisaan keuangan keluarga, bukan permainan saling menuduh dan menekan.

Jangan keluar candaan ke teman anda seolah-olah anda adalah boss keuangan keluarga.  Anda berdua berkuasa terhadap masalah ini dan masing-masing saling memusyawarahkan keputusan keuangan.  Anda dan pasangan anda adalah sebuah team!


3.  ACCOUNT MANAGER BERKOMUNIKASI SEPENUHNYA DENGAN PASANGAN.

Anda wajib menginformasikan segala laporan pengeluaran dan pemasukan ke pasangan anda.  Sangat salah bila anda merahasiakan detail, baik sekecil apapun.  Tunjukkan semua transaksi pembelian.  Jangan manfaatkan jabatan anda ini, sehingga anda membuat keputusan sendiri tanpa berkomunikasi dan menyebabkan percekcokan.


4.  ANDA BERDUA DISIPLIN DAN TEGUH DENGAN SYSTEM YANG SUDAH ADA

Poin 1 - 3 lebih dituju kepada account manager, poin 4 ini dialamatkan kepada pasangan yang satunya lagi.

Sebuah system harus dijalani dengan sepenuhnya dan konsisten.  Agar account manager bisa menjalankan tugasnya dengan baik, anda dan pasangan harus menjalani system ini.  Jangan membuat si account manager meminta-minta atau mengejar-ngejar anda untuk mendapatkan informasi pengeluaran ataupun pemasukan.   Jangan mengambil uang lebih dari yang sudah diputuskan bersama.  Jangan berpura-pura tidak mengerti system yang sudah ditetapkan, bila tidak paham harus segera minta dijelaskan.  Jangan terus menerus mengatakan "Saya lupa" atau "Tapi saya perlu". 

Bila anda tidak memberikan informasi jelas dan bekerjasama dengan baik dengan account manager, jangan berharap anda akan diperlakukan seperti orang dewasa yang bertanggung jawab!


5.  BILA SYSTEM YANG SUDAH ADA PERLU PERBAIKAN, BEKERJASAMALAH UNTUK MENCAPAI PERUBAHAN YANG LEBIH MANTAP.

Setiap organisasi memerlukan perubahan untuk menyesuaikan dengan perubahan-perubahan dalam kehidupan.  Bila ada hal dalam system yang menyulitkan salah satu dari anda, anda berdua wajib mencari perubahan (jalan keluar) untuk mencapai keputusan yang paling adil, meskipun salah satu harus mengorbankan sedikit kepentingannya. 


Artikel ini sebagian besar diambil dari "Finances In No Time" by Debbie Stanley.  Saya merasa hal ini sangat menarik dan penting untuk para readers.



Cheers,
Captain KickAss

No comments:

Post a Comment